Kamis, 04 Agustus 2011

RIM Berharap pada Torch Anyar

Kamis, 04 Agustus 2011

Monexnews - Wall Street kembali rontok di pertengahan pekan. Namun masih ada saham yang mampu mencetak gain signifikan di kala pasar lesu. Emiten yang dimaksud adalah Research In Motion (RIMM), meraup gain 5% pada sesi perdagangan semalam. 
RIM diminati karena tengah bersiap melakukan aksi korporasi. Dalam beberapa hari ke depan, perseroan segera merilis Blackberry Torch 9810. Kemudian disusul oleh peluncuran dua varian Torch lainnya dan dua model Bold terbaru. Seperti diketahui, debut produk RIM tahun ini harus benar-benar fantastis. Mengingat pangsa pasar Blackberry mulai terkikis oleh produsen smartphone rival. Pada laporan fiskal kuartal I, pendapatan RIM 'hanya' sebesar $4,9 miliar atau gagal memenuhi ekspektasi analis ($5,2 miliar). Sementara di lini produk tablet, RIM hanya mempu menjual 13,2 juta Playbook, sangat jauh di bawah harapan dan proyeksi awal. 
 
Pada Juli lalu, perusahaan mengutarakan niat pemangkasan 10% tenaga kerja sebagai langkah efisiensi. Namun para analis memandang cara itu bukan solusi mengatasi masalah. Sistem operasi produk RIM dipandang ketinggalan zaman dibanding OS buatan Apple dan Google. Masalah seperti ini juga dialami oleh Nokia, yang tengah berjuang melaba via sistem operasi Windows. 
 
Varian Torch terbaru konon tidak banyak menawarkan perubahan baru. Meski demikian, RIM bisa mengandalkan fanatisme pengguna setianya, terutama di pasar Asia. Keberhasilan produk anyar perusahaan Kanada ini baru bisa terlihat pada laporan keuangan tahunan dan data dari lembaga riset pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar