Selasa, 01 Februari 2011

3 Bulan IPO, 'Market Cap' GM Lampaui Ford

Selasa, 01 Februari 2011 

Kurang dari tiga bulan sejak penawaran saham perdananya, nilai pasar General Motors (GM) sudah melampaui rivalnya pada hari Senin. Kapitalisasi market GM berada di atas Ford pada perdagangan hari Senin. Saham Ford sendiri anjlok karena laporan pendapatan kuartal IV tidak memenuhi harapan analis. Hasil pendapatan kurang baik tersebut merupakan yang pertama kali terjadi sejak dua tahun terakhir.

Saham Ford amblas 13% hari Senin sebelum kehilangan 4% lagi pada perdagangan sore hari. Meski mengalami koreksi serupa pada sesi Jumat dan Senin, penurunan GM cenderung lebih moderat. Di akhir hari, kapitalisasi GM tercatat sebesar $54,1 miliar atau sudah melewati nilai Ford, $54 miliar.

Walau earnings kali ini terlihat tidak bagus, keuntungan satu tahun ke depan Ford tampaknya lebih baik dibandingkan GM. Setidaknya itulah proyeksi Wall Street tahun ini.

Persaingan keduanya kian ketat, mengingat GM juga mempunyai beberapa keunggulan lain  yang tidak dimiliki pesaingnya, antara lain:

Neraca keuangan GM lebih solid dibandingkan Ford karena telah diawasi oleh pemerintah sepanjang periode bail-out 2009.

Pasar luar negeri GM lebih luas dibandingkan Ford, terutama setelah joint venture China-GM terbentuk. Ford sendiri sedikit telat berkespansi ke China sehingga harus berjuang merebut pasar dari pemain lama.

Yang terakhir, penjualan GM masih lebih baik di dalam negeri walaupun Ford menguasai market share.

Sedangkan Ford memiliki kelebihan daya tarik di mata investor berkat kemapanannya selama ini. Dan di saat penurunan besar di pasar, saham Ford masih bisa meraih 50% sejak awal 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar