Senin, 10 Januari 2011

Portugal Dalam Tekanan Uni Eropa

Senin, 10 Januari 2011
Jerman, Perancis, dan anggota zona-euro lainnya mulai menekan Portugal untuk ajukan meminta dana talangan keuangan Uni Eropa/IMF demi hentikan penyebaran krisis, menurut petinggi Uni Eropa yang menjadi nara sumber Reuters. “Belum ada diskusi formal hanya pembicaraan awal mengenai kemungkinan bail-out Portugal jika biaya pinjaman terus meningkat.”
 
Jerman dan Portugal telah membantah laporan tersebut. “Ini bukan strategi yang dijalankan pemerintah agar Portugal ajukan bail-out,” ungkap Steffen Seibert, juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel.
 
“Jumlah dana bantuan mungkin di kisaran €60 hingga €80 miliar euro, tapi jumlahnya belum pasti karena kami belum tahu berapa banyak kebutuhan sektor perbankan Portugal,” papar nara sumber Reuters tersebut. Der Spiegel kemarin menulis, “Berlin dan Paris menekan Lisbon untuk minta bantuan Uni Eropa dan IMF. "Hanya keajaiban yang dapat selamatkan Portugal dari IMF," tulis editorial Publico. Pimpinan partai oposisi pemerintah Portugal, Pedro Passos Coelho, telah utarakan akan ajukan mosi tidak percaya jika pemerintah ajukan bail-out. Survei Reuters minggu lalu juga tunjukkan Portugal butuhan bailout.
 
Kondisinya mirip dengan Irlandia sebelum peroleh bail-out €85 miliar. Dublin telah berulang kali membantah akan ajukan dana talangan, namun akhirnya pemerintah Irlandia menyerah seiring melejitnya biaya pinjaman di pasar obligasi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar