Selasa, 11 Januari 2011

Intel Bayar Nvidia $1,5 M

Selasa, 11 Januari 2011
Intel akan membayar desainer chip Nvidia sebanyak $1,5 milyar untuk lisensi teknologi; ini akan menjadi akhir dari sengketa hukum dan perlancar persaingan di segmen prosesor PC. Kesepakatan ini merupakan kemenangan bagi Nvidia dan tercermin dari kenaikan sahamnya sebanyak 4% sedangkan saham Intel, produsen chip terbesar dunia, turun 0,2% setelah berita dirilis.

Nvidia juga diperbolehkan gunakan teknologi Intel untuk proyek prosessor PC-nya, yang dilakukan bekerja sama dengan ARM. "Jumlahnya mengesankan," ungkap Doug Freedman, analis Gleacher & Company. “Momentumnya cukup bagus bagi Nvidia yang sedang merambah segmen chip yang mengkonsumsi energi rendah berdasarkan arsitektur ARM.”

Minggu lalu, Nvidia telah umumkan pengembangan prosesor PC berbasis ARM dengan kode " Project Denver" yang ditujukan untuk semua segmen mulai dari workstation hingga supercomputer; sinyal keinginan perusahaan untuk menantang dominasi Intel. Meskipun demikian, kesapakatan tidak mencakup hak untuk gunakan teknologi berharga x86 yang dimiliki Intel. "Itu bukan bisnis inti, kami juga tidak berniat untuk kembangkan hal tersebut," papar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar