Kamis, 27 Januari 2011

Exxon Mobil Capai Kesepakatan Dengan Rosneft Rusia

Kamis, 27 Januari 2011

Exxon Mobil Corp. menandatangani kesepakatan dengan Rosneft Rusia pada hari Kamis untuk mengembangkan sumber daya minyak dan gas di Laut Hitam, yang memberikan alternatif baru untuk lebih memberdayakan sektor energi di negara itu meskipun ada kekhawatiran tentang penolakan investasi di sana.
CEO Exxon Mobil, Rex Tillerson, mengumumkan kesepakatan tersebut bersama Pimpinan Rosneft, Igor Sechin, yang juga merupakan wakil Perdana Menteri Rusia, pada World Economic Forum di Davos, Swiss. Mereka tidak langsung mengungkapkan nilai potensial dari kesepakatan itu, dan hanya mengatakan bahwa kerjasama itu akan meningkatkan penjualan minyak mentah untuk kilang Tuapsinsky Rosneft dan pasar Laut Hitam lainnya.
 
"Ini kesempatan yang penting untuk memperluas aktivitas bisnis kami ke wilayah baru," kata Tillerson kepada wartawan. Sementara Sechin menilai kesepakatan itu sebagai pertanda bahwa Rusia telah membuka diri terhadap investasi asing.
 
Perjanjian tersebut akan memberi akses untuk Exxon memasuki sumber daya Rusia dan sebaliknya Rusia memperoleh akses untuk mengetahui teknologi Exxon. Mereka akan mengeksplorasi wilayah seluas 11.200 kilometer persegi dari area pengeboran laut dalam milik Rusia di Laut Hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar